Mata minus dikenal juga dengan penyakit rabun jauh (miopi) yang merupakan suatu kondisi kelainan yang terjadi pada retina mata yang tidak bisa menangkap cahaya dari jauh secara fokus sehingga menjadi rabun / samar. Sebagai dampaknya orang dengan mata minus akan kesulitan untuk melihat objek kecil yang jaraknya berada jauh darinya.

Merawat Agar Mata Tidak Minus Dengan Kebiasaan Sehat

Kondisi ini banyak dialami oleh anak anak sampai dewasa muda karena sering membaca dengan cara yang salah atau karena sering melihat layar monitor terlalu dekat. Biasanya penggunaan kacamata minus adalah langkah pertama supaya kondisi minus tidak semakin bertambah.

Tujuannya adalah mengembalikan titik fokus lensa mata yang berubah dan membantu melihat objek jarak jauh dengan fokus. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter mata atau optik pembuat kacamata minus yang profesional.

Apakah Mata Minus Dapat Dicegah?

Bagi Anda yang matanya masih normal tentu kondisi ini dapat dicegah dengan cara cara tertentu. Tapi bagi sebagian orang yang menderita kelainan mata minus sejak lahir karena adanya kecacatan tertentu memang tidak bisa dicegah.

Kebiasaan mata dalam melihat objek tertentu dapat merubah cahaya yang masuk ke dalam retina mata dan yang diterima oleh sel sel otak lalu diterjemahkan menjadi suatu benda / gambar yang kita lihat. Sehingga kita perlu mengubah kebiasaan kebiasaaan yang dapat menyebabkan mata minus menjadi cara merawat mata agar tidak minus. Berikut beberapa tips mudah untuk mencegah mata minus yang dapat dilakukan oleh Anda:

  1. Jangan Melihat Objek Dari Jarak yang Sangat Dekat

Membaca atau menonton layar televisi dari jarak yang dekat dapat menyebabkan perubahan lengkungan kornea mata sehingga otot mata akan tertarik yang menyebabkan letak titik fokus retina berubah.

  1. Memberikan Waktu Beristirahat Untuk Mata

Mengistirahatkan mata Anda untuk tidak melihat objek dengan radiasi sinar seperti layar monitor, televisi, dan gadget perlu dilakukan. Keluar dari rumah dan melihat banyak objek yang jaraknya jauh dapat melatih otot mata bekerja secara normal.

  1. Pilihlah Tempat yang Terang dan Cukup Cahaya Untuk Membaca

Membiasakan diri untuk membaca di tempat terang merupakan hal yang baik untuk dilakukan dalam menjaga kesehatan mata. Dengan cahaya yang cukup mata akan lebih nyaman untuk membaca dan melihat objek yang kecil.

  1. Ambil Posisi Duduk yang Tegak Ketika Membaca

Dengan sikap tubuh yang tegak maka aliran darah akan menjadi lancar ketika membaca karena konsentrasi terpusat pada mata. Sehingga mata dapat bekerja dengan normal dan mendapatkan aliran darah dan oksigen yang cukup.

  1. Biasakanlah Anak Anak Anda Untuk Tidak Bermain Gadget / Komputer Terlalu Lama

Perkembangan teknologi yang semakin maju menyebabkan semua orang terpaku pada gadget dan tidak mau keluar dari rumah. Ajak anak anak Anda untuk keluar dari rumah dan jangan memberikan mereka banyak waktu untuk melihat benda yang memiliki radiasi sinar seperti layar smartphone, televisi, dan komputer.

  1. Latihlah Mata Anda Dengan Melihat Objek Jarak Jauh Secara Fokus

Otot mata juga perlu dilatih seperti halnya otot pada bagian tubuh yang lain, dengan membiasakan melihat objek jauh maka otot otot mata akan berkontraksi dan tidak lambat dalam merespon perintah dari otak.

  1. Lindungi Mata Anda Dari Radiasi Sinar yang Silau

Cahaya matahari yang terlalu terang dan silau dapat merusak mata Anda, gunakanlah kacamata pelindung dari sinar UV matahari ketika Anda berada di luar ruangan pada siang hari. Ketika malam hari juga gunakan kacamata saat berkendara untuk melindungi mata dari sorotan lampu kendaraan lain.

Itulah beberapa cara merawat mata agar tidak minus yang dapat Anda lakukan dengan menerapkan kebiasaan baik untuk menjaga kesehatan mata Anda. Selain itu gunakanlah mata Anda dengan bijak untuk melihat hal hal yang baik bagi Anda.

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *